Komputer Pribadi (PC)

Komputer telah berubah secara drastic wajah peradaban Barat modern sejak tahun 80’an. Mesin yang dulu dikenal sebagai “otak elektronis” sudah mampu melakukan bermacam-macam dengan tingkat kesulitan berbeda-beda. Computer merevolusi ilmu matematika melalui kemampuannya memperluas jangkauan “otak penghitungnya”,seperti mobil dan pesawat yang mampu memperjauh jarak yang dapat ditempuhnya.

Pada tahun 1937, seorang insinyur Amerika bernama Howard Aiken merancang IBM Mark 7 – nenek moyang dari computer mainframe saat ini – yang menggunakan tabung vakum dan elektromekanikal dan bukan tombol-tombol elektronis.

Computer elektronik pertama yang sukses secara komersial – UNIVAC – dirancang oleh Eckert dan Mauchly dan diperkenalkan pada tahun 1951.

Computer bertransistor, dimana transistor-transistor yang kokoh menggantikan tabung-tabung vakum yang mudah rusak, dirancang oleh Seymour Cray untuk Control Data Corporation. Inilah awal dari kecenderungan untuk membuat computer yang lebih kecil dan lebih cepat.

Ide mengenai computer pribadi (PC) di setiap rumah lahir di lembah Santa Clara di sebelah selatan San Fransisco, kalifornia, sebuah wilayah yang kelak disebut Lembah Silikon. Pada awal tahun 1977, Steve Jobs dan Steve Wozniak mendirikan perusahaan computer bernama Apple Computer,Inc dan pada bulan April untuk membuat computer yang lebih kecil dan lebih cepat.

Ide mengenai computer pribadi (PC) di setiap rumah lahir di lembah Santa Clara di sebelah selatan San Fransisco, kalifornia, sebuah wilayah yang kelak disebut Lembah Silikon. Pada awal tahun 1977, Steve Jobs dan Steve Wozniak mendirikan perusahaan computer bernama Apple Computer,Inc dan pada bulan April tahun itu juga memperkenalkan Apple II, computer pribadi pertama di dunia

Sumber : 100 Peristiwa yang  Membentuk Sejarah dunia, oleh : Bill Yenne & Eddy Soetrisno.

Pos ini dipublikasikan di Now I Know dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s