Belajar yang Bernilai

 

Adalah suatu kegembiraan bagi orang tua dan anak-anaknya dapat bersama dalam suasana yang penuh canda keakraban. Orang tua bercerita entah itu dalam bentuk dongeng , sejarah ataupun cerita sehari ā€“ hari. Atau sebaliknya si anaklah yang bercerita, cerita dari tontonan di TV , cerita fantasi hasil imaginasinya atau cerita sewaktu bersama teman bermainnya. Sungguh suatu momen yang berharga bagi orang tua terlebih bagi anak-anak.

Main tebak-tebakan merupakan satu dari banyak permainan yang dapat dimainkan dalam keluarga. Secara bergantian setiap anggota keluarga dapat mengajukan satu atau dua pertanyaan. Pertanyaan candaan atau pertanyaan pengetahuan umum. Bukanlah masalah pertanyaannya dapat terjawab atau tidak tetapi bagaimana permainan itu berjalan dengan baik atau tidak. Cobalah maknai nilai apa yang terkandung dalam permainan ini ? Nilai kasih sayang saat semuanya dapat menikmati. Nilai menghargai sesama saat pengajuan soal berpindah tangan atau pertanyaannya terjawab benar atau pertanyaannya dikoreksi karena ada kesalahan.Nilai berwawasan saat membuat pertanyaan ataupun menjawab pertanyaan. Nilai etika saat menyepakati berjalannya permainan. Dan tentunya Anda dapat menambahkan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

Belajar tidaklah terbatas pada menyerap atau menambah pengetahuan. Nilai ā€“ nilai seperti halnya di ataslah yang dapat menjiwai dari pengetahuan yang diperoleh dan yang akan di bawa oleh anak-anak kita ke masa depannya juga jamannya.

 

Pos ini dipublikasikan di silent dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s